Friday, 10 April 2020
  • >
  • >
 Bupati...

Bupati...

pangkepkab.go.idJAKARTA– Dalam pertemuan para bupati yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor,...

Terima...

Terima...

pangkepkab.go.id,PANGKEP– Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) menjadi tuan rumah kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kementrian Sosial (Kemensos) dalam program jelajah kapal kepahlawanan. Pesertanya...

Pangkep...

Pangkep...

pangkepkab.go.id,JAKARTA– Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik dalam acara pembukaan The International Public Service (IPS) Forum 2018 di Jakarta Convention...

Usaha Ekonomi Kerakyatan, Solusi Putuskan Mata Rantai Kemiskinan di Pangkep

PANGKEP.KAB – Mata rantai kemiskinan di Kabupaten Pangkep menjadi perhatian penuh pemerintah saat ini. Untuk memutuskan itu, diutamakan pengembangan usaha ekonomi kerakyatan.

Hal itu ditegaskan oleh Penasehat Bupati Pangkep Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Muhammad Arsyad Yunus saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/11/2019).

Khususnya, kata Arsyad, anggaran dana desa dan kelurahan sebaiknya digunakan dalam usaha ekonomi kerakyatan.

Ia pun berharap dana desa dan dana kelurahan untuk tahun 2020, harus lebih memprioritaskan pengembangan usaha ekonomi kerakyatan.

“Dukung usaha yang dilakukan masyarakat kita, adakan pembinaan secara kontinyu, baik itu sumber daya manusianya maupun jenis usaha yang ditekuni, sedini mungkin diberi perhatian semaksimalnya,” paparnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, soal data itu sangat menentukan sehingga dana-dana bantuan yang dikucurkan dari pemerintah lewat Dinas Sosial Kabupaten Pangkep benar-benar tepat sasaran.

“Banyak sekali dana dari pemerintah yang bisa memberikan solusi untuk memutuskan mata rantai kemiskinan di tengah-tengah masyarakat Pangkep,” paparnya.

Arsyad menegaskan bahwa peruntukan dana desa, seharusnya lebih banyak menyentuh pengembangan usaha masyarakat. Termasuk pengembangan ekonomi kerakyatan, kerajinan, peternakan, pertanian, usaha-usaha yang dapat menumbuhkan kesejahteraan mereka secara kontinyu.

“Hentikan saja yang sifatnya proyek, misalnya pembangunan infrastruktur, pengadaan bak air, dan lainnya yang sifatnya proyek, sebab yang seperti itu bisa dikerjakan oleh dinas terkait, tapi yang kita harapkan pengembangan usaha ekonomi kerakyatan,” pungkasnya.

Ia pun menilai, Kabupaten Pangkep ini sudah sekian tahun berjalan masih tetap berada di garis kemiskinan. Bahkan urutan kedua, setelah Kabupaten Jeneponto di Sulawesi Selatan.

Sehingga sangat dibutuhkan pengembangan ekonomi kerakyatan di desa, atau di tengah-tengah masyarakat.

“Bisa lebih menggenjot usaha ekonomi kerakyatan dengan sumber dana dari desa, atau dana dari kelurahan,” tutupnya. (Mcpangkajene)

Statistik Pengunjung

754573
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total Pengunjung
192
1297
6508
740494
10856
39794
754573

Your IP: 114.7.194.241
2020-04-10 03:44

Pengunjung

We have 22 guests and no members online

Kontak Kami

  • 0410-
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  •  www.pangkepkab.go.id
google maps api key