Wednesday, 22 January 2020
  • >
  • >
 Bupati...

Bupati...

pangkepkab.go.idJAKARTA– Dalam pertemuan para bupati yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor,...

Terima...

Terima...

pangkepkab.go.id,PANGKEP– Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) menjadi tuan rumah kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kementrian Sosial (Kemensos) dalam program jelajah kapal kepahlawanan. Pesertanya...

Pangkep...

Pangkep...

pangkepkab.go.id,JAKARTA– Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik dalam acara pembukaan The International Public Service (IPS) Forum 2018 di Jakarta Convention...

Jalur Pendakian Gunung Bulusaraung Ditutup

PANGKEP.KAB — Jalur pendakian ke gunung Bulusaraung di kecamatan Balocci, Pangkep, Sulawesi Selatan terpaksa ditutup untuk sementara, menyusul cuaca ekstrim yang melanda berbagai wilayah.

Penutupan jalur pendakian ini mulai Minggu (5/1) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Seksi Pengelolaan Nasional Taman Bantimurung-Bulusaraung( TN Babul) Wilayah 1, Iqbal Abadi Rasyid, menyampaikan bahwa pihak BMKG sendiri memprediksi bahwa puncak curah hujan tertinggi akan terjadi selama satu pekan mendatang di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan.

“Itulah sebabnya, mulai Minggu, jalur pendakian gunung Bulusaraung kita tutup sementara sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan,” ujar Iqbal.

Penutupan jalur ini dilakukan untuk memastikan keselamatan bagi para pendaki yang hendak ke puncak gunung yang tingginya 1353 mdpl. Dimana saat cuaca ekstrim beberapa jalur sangat rawan terjadi longsor.

“Dalam kondisi demikian ,pendaki terancam mengalami ancaman karena cuaca dingin, di pos tiga, empat dan lima itu, sangat rawan terjadi longsor saat terjadi hujan dalam skala tinggi,” bebernya.

Saat dilakukan penutupan jalur itu, petugas juga tengah menyusul satu rombongan pendaki yang terlanjur masuk. Mereka selanjutnya akan diarahkan untuk kembali ke pos satu di desa Tompobulu, Kecamatan Balocci.

“Kelompok yang sempat terlanjur menanjak, suda diinformasikan  ke petugas untuk disusul dan diarahkan kembali ke pos satu,” harap Iqbal.

Selain jalur Balocci, pihak Taman Nasional (TN) juga mengimbau para pendaki untuk tidak melakulan pendakian dari jalur yang tidak resmi.

Selain faktor keselamatan, pihak TN Babul juga tidak bisa mengidentifikasi keberadaan mereka di kawasan itu.

Ditambahkan Iqbal bahwa data yang dimiliki TN Babul, jumlah pendaki yang datang ke Bulusaraung memang terus meningkat setiap tahunnya.

“Pada 2019, tercatat pendaki gunung ini mencapai 7013 orang. Setiap akhir pekan, bahkan mencapai 200 sampai 400 orang pendaki,” tambahnya. (Mcpangkajene)

Statistik Pengunjung

645695
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total Pengunjung
450
1140
3927
632625
29186
56442
645695

Your IP: 114.7.194.241
2020-01-22 05:04

Pengunjung

We have 24 guests and no members online

Kontak Kami

  • 0410-
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  •  www.pangkepkab.go.id
google maps api key