Thursday, 01 October 2020
  • >
  • >

Cuaca Ekstrem, UPP Maccini Baji Imbau Kapal Kecil Tidak Berlayar

Pangkep.kab -- Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Maccini Baji kelas II, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) mengimbau kepada awak kapal dan para nelayan untuk tidak melaut sementara waktu. Mengingat cuaca ekstrem saat ini.
 
Dikatakan, Kepala UPP Maccini Baji kelas II, Steady Lantang, ketinggian ombak pada cuaca ekstrem ini berkisar 2-3 meter diselat makassar dan bergelombang hingga ke wilayah perairan Kabupaten Pangkep. Sesuai pula laporan BMKG dengan sepekan ini cuaca ekstrem dapat terjadi. 
 
Baru-baru ini, salah satu kapal pengangkut barang, KM Aras Jaya asal Pulau Marasende kecamatan Liukang Kalmas Pangkep, tenggelam di perairan Taka Bakkang, Jumat 3 Januari lalu.
 
Diketahui Kapal itu sendiri mengangkut lima orang ABK, dua orang penumpang serta memuat ratusan sak semen dan material bahan bangunan. Informasi yang diperoleh Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Paotere Makassar, pada pukul 06.00 Wita pada hari jumat lalu.
 
Namun pada pukul 13.00 wita kapal tersebut, diinformasikan hilang akibat diterjang gelombang tinggi. Setelah itu diinfokan bahwa kapal tersebut tenggelam. Sedangkan penumpangnya belum diketahui keberadaannya.
 
Beruntung, nelayan asal Pulau Dewakkang, Kecamatan Liukang Kalmas, yang melaut pada pagi hari, Sabtu 4 Januari lalu, menemukan seluruh penumpang dan ABK kapal tersebut. Mereka semua ditemukan dengan kondisi lemas dan selamat setelah terombang-ambing.
 
"Untuk sementara ini, Kapal dibawah GT500 tidak diberangkatkan, mengingat ketinggian ombak 2-3 meter terdeteksi diselat Makassar. Sementara untuk kapal GT500 keatas, kita melihat situasi sambil menunggu cuaca agak membaik. Demi keselamatan, kita tunda keberangkatan kapal berlayar dulu,"ujar Steady Lantang, Senin 6 Januari, 2020.
 
Saat ini pihak UPP Maccini baji kelas II, siaga dikapal dan melakukan patroli laut secara rutin,  patroli pelabuhan, dan standby radio 24 jam. "Jangankan kapal besar, dengan tipe GT500 dihantam ombak ketinggian 2-3 meter dapat terbalik pula. Jadi kami juga mengimbau agar para nelayan saat ini jangan melaut dulu. Cuaca saat ini masih ekstrem,"terangnya. (Mcpangkajene)

Statistik Pengunjung

1080549
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total Pengunjung
177
2445
10797
1053382
177
62016
1080549

Your IP: 114.7.195.129
2020-10-01 02:09

Pengunjung

We have 23 guests and no members online

Kontak Kami

  • 0410-
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  •  www.pangkepkab.go.id
google maps api key