PANGKEP -- Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan melaui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Diskominfo SP) menggelar Sosialisasi Optimalisasi SP4N-LAPOR! melalui Konten Media Sosial, sebagai upaya memperkuat diseminasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik di lingkup OPD Kabupaten Pangkep.
Kegiatan ini dihadiri Plt Kepala Dinas Kominfo SP Kabupaten Pangkep, Abbas Hasan, Kabid Humas dan IKP, Edi Suharyadi; serta menghadirkan narasumber Direktur Pengembangan SDM Digital Objek Media Digitama, Muh. Syahar, Peserta sosialisasi terdiri dari admin pengelola konten OPD dan admin SP4N-LAPOR! OPD, berlangsung di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Pangkep, Jumat (28/11/2025).
Plt Kepala Diskominfo SP, Abbas Hasan, menjelaskan bahwa SP4N-LAPOR! merupakan platform nasional yang disiapkan pemerintah untuk menampung laporan masyarakat terkait pelayanan publik. Ia menyebut, media sosial menjadi salah satu kanal efektif dalam menyosialisasikan dan mempromosikan sistem tersebut.
Optimalisasi SP4N-LAPOR! melalui konten media sosial katanya, dinilai penting untuk meningkatkan partisipasi dan kepercayaan publik, sekaligus menyediakan data yang dapat digunakan sebagai bahan perbaikan kebijakan..
"Karena itu, sosialisasi SP4N-LAPOR! melalui media sosial bertujuan memastikan masyarakat mengetahui adanya kanal resmi pengaduan yang cepat, transparan, dan terintegrasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan layanan publik,” jelasnya.
Kabid Humas dan IKP Diskominfo SP, Edi suharyadi menyampaikan, pengelola konten media sosial OPD sengaja dipilih untuk bekerja sama karena dinilia mempunyai peluang besar memperkuat desiminasiSP4N-LAPOR!.
"Kita ingin ini tersosialisasi, tersampaikan dan difahami dengan baik ke masyarakat. Keprrcayaan Masyarakat semakin meningkat, dan menjadikan satu-satunya platform untuk mengadu. Kita harapkan, bukan hanya di media sosial tapi platform resmi pwngaduan masyarakat, " jelasnya. (Mcpangkep/FAI)